Note for English Readers

If I write the articles in Indonesian, I will write a summary in English so that you can read my articles too. After you read the summary and you feel that you need more information about that, please do not hesitate to contact me via e-mail that can be found in my profile.

Thank you for reading my blogs.

Tuesday, September 29, 2009

Instalasi digiKam 1.0.0-beta4 pada Slackware -- digiKam 1.0.0-beta4 Installation on Slackware --

digiKam adalah suatu program aplikasi yang dikhususkan untuk memanajemen foto-foto digital. Program ini menyediakan suatu user interface (tampilan) yang sederhana tetapi mempunyai fungsi yang banyak dan handal, seperti import-export (download-upload) foto digital, mengenali lebih dari 1000 kamera digital yang telah beredar di pasaran, mengatur foto-foto digital kita yang sangat banyak dalam directory-directory sesuai dengan keinginan kita, membaca exif data dari foto digital, editing, dan sebagainya. File foto digital yang di-support cukup banyak, seperti RAW format dari berbagai vendor kamera digital, JPEG, TIFF, PNG, still image compression, dan moving image format (video). Program digiKam yang akan dibahas kali ini adalah digiKam 1.0.0-beta4 yang sudah dapat didownload sejak 31 Agustus 2009.

Instalasi digiKam pada Slackware/Slackware64 13.0 cukup mudah, Anda hanya membutuhkan tambahan 1 dependency, yaitu lensfun, sedangkan dependencies yang lain sudah tersedia pada Slackware/Slackware64 13.0. Untuk lensfun -saat tutorial ini dibuat, lensfun sudah versi 0.2.3-, Anda bisa men-download source file-nya, yaitu lensfun-0.2.3.tar.bz2, dari website projeknya, http://lensfun.berlios.de, sedangkan slackbuild script dari lensfun (lensfun.tar.gz) dapat Anda peroleh dari slackbuild.org. Setelah source file dan slackbuild script untuk lensfun telah Anda download, langkah selanjutnya adalah Anda ekstrak slackbuild script (lensfun.tar.gz) lalu source file lensfun-0.2.3.tar.bz2 Anda letakkan pada directory yang sama dengan lensfun.SlackBuild. Sebagai catatan kecil, jika Anda menggunakan slackware64 13.0, kita harus meng-edit file lensfun.SlackBuild pada bagian ARCH=${ARCH:-i486} menjadi ARCH=${ARCH:-x86_64}. Selanjutnya, jalankan script lensfun.SlackBuild pada mode root atau superuser (su) karena slackbuild script membutuhkan akses ke directory /tmp. Jika tidak ada error -seharusnya tidak ada ... :)-, maka Anda akan menemukan file lensfun-0.2.3-i486-1_SBo.tgz (atau lensfun-0.2.3-x86_64-1_SBo.tgz untuk slackware64) pada directory /tmp lalu installpkg. Urutan langkah instalasi lensfun dapat disimpulkan sebagai berikut:

$ tar -xvzf lensfun.tar.gz $ cd lensfun $ cp path-to/lensfun-0.2.3.tar.bz2 ./ $ su # ./lensfun.SlackBuild # installpkg /tmp/lensfun-0.2.3-i486-1_SBo.tgz

That's all for lensfun. Anda bisa copy file /tmp/lensfun-0.2.3-i486-1_SBo.tgz ke directory yang Anda kehendaki sebagai arsip dan hapus file hasil proses slackbuild script dari /tmp/SBo.

Langkah selanjutnya adalah instalasi digiKam 1.0.0-beta4. Source file, digikam-1.0.0-beta4.tar.bz2, dapat di-download dari website http://www.digikam.org. Untuk slackbuild script dari digiKam, tidak tersedia, tetapi Eric Hameleers (alienBOB) menyediakan slackbuild script untuk digiKam versi 0.10.0 yang dapat didownload dari http://connie.slackware.com/~alien/slackbuilds/digikam. Untuk proses kompilasi dan instalasi digiKam, penulis memilih proses kompilasi dan instalasi dari source file. Cara cukup mudah, terutama bagi para slackers ... betul khan ... :). Pertama kali, tentu saja, ekstrak file digikam-1.0.0-beta4.tar.bz2, lalu masuk ke directory hasil ekstrak tersebut (biasanya digikam-1.0.0-beta4). Selanjutnya cmake ., make, dan make install (dalam mode root atau superuser) jika tidak ada error -seharusnya tidak ada ... :)-, digiKam sudah siap pada PC/laptop Anda. Urutan langkah kompilasi dan instalasi digiKam dapat disimpulkan sebagai berikut:

$ tar -xvjf digikam-1.0.0-beta4.tar.bz2 $ cd digikam-1.0.0-beta4 $ cmake . $ make $ su # make install

That's all for digiKam. So easy, isn't it?

Beberapa gambar tampilan digiKam 1.0.0-beta4 pada laptop saya dapat dilihat di bawah ini.


Referensi:
http://www.digikam.org
http://lensfun.berlios.de
http://slackbuild.org


Summary:
digiKam is an advanced, KDE Digital Photo Management Application with support for Digital Cameras. It needs some dependencies software, but, we only add lensfun on Slackware/Slackware64 13.0. First, download the source of lensfun-0.2.3.tar.bz2 then download the SlackBuild script (lensfun.tar.gz) from slackbuild.org. Next, follow the steps below:

Please note that you have to change path-to to correct directory and if you use Slackware64, please change the line ARCH=${ARCH:-i486} to ARCH=${ARCH:-x86_64} before executing lensfun.SlackBuild.

$ tar -xvzf lensfun.tar.gz
$ cd lensfun
$ cp path-to/lensfun-0.2.3.tar.bz2 ./
$ su
# ./lensfun.SlackBuild
# installpkg /tmp/lensfun-0.2.3-i486-1_SBo.tgz

That's all for lensfun.

Now, the main job, compiling digiKam from source and install it. Download the source of digiKam-1.0.0-beta4.tar.bz2, then follow these steps:

$ tar -xvjf digikam-1.0.0-beta4.tar.bz2
$ cd digikam-1.0.0-beta4
$ cmake .
$ make
$ su
# make install

Now, you can run digiKam from your Slackware. That's all for digiKam. So easy, isn't it?

3 comments:

baby said...

pak, ini saya tanya tidak komen
waktu saya instal kernel baru dan sampai pada eksekusi perintah :
" #mkinitrd -c -k 2.6.35.7-smp -m reiserfs"

kok yang keluar

"3089 blocks"
ini apa dan kenapa ? saya pakai slackware 13.0 terimakasih

baby said...

pak saya mau tanya ketika saya instal kernel baru . saat perintah
"#mkinitrd -c -k 2.6.21.5-smp -m reiserfs" saya eksekusi muncul "3089 blocks" ini kenapa dan bagaimanana mengatasinya? saya paki slackware 13.0

Unknown said...

Halo baby,
saya gak tau maksudnya keterangan itu. Sudah googling? Selama ini saya tidak pernah menggunakan mkinitrd karena saya selalu menggunakan kernel huge.